Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 23 Dec 2022 18:52 WIB ·

Belajar Android Engineering dan Kolaborasi Melalui Program Kampus Merdeka


 Belajar Android Engineering dan Kolaborasi Melalui Program Kampus Merdeka Perbesar

banner.png
Binar Academy sebagai mitra program Kampus Merdeka
Program Kampus Merdeka adalah bagian dari program kebijakan merdeka belajar kemendikbudristek yang mendekatkan perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri. Salah satu bagian dari program kampus merdeka adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia selama 1 semester dengan syarat minimal semester 5 dan mendapat dukungan dari kampus terkait berkas administratif yang diperlukan sebagai pendukung ketika melakukan pendaftaran.
Rahma Danu Sadewa, mahasiswa Informatika semester 5 dari UPN “Veteran” Jawa Timur memiliki keinginan besar untuk mendapatkan kesempatan belajar di luar kampus selama 1 semester. Karena memiliki keinginan menjadi Android Developer, Danu mendaftarkan dirinya di program Android Engineering oleh Binar Academy. Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang menghasilkan talenta digital dengan program yang dimiliki, salah satunya adalah Android Engineering Bootcamp.
Sebelum periode kegiatan program dimulai, diadakan kegiatan Kampus Merdeka 3 Induction oleh Binar Academy yang memperkenalkan jadwal dan cara kerja selama belajar di Binar Academy selama 1 semester kedepan. Program persiapan lainnya yaitu webinar Psychological Preparation Class dengan tema Learn How To Learn sebagai fondasi dan bekal sebelum memulai kegiatan program. Kegiatan program Kampus Merdeka di Binar Academy dilaksanakan secara synchronous (tatap muka melalui zoom) dan asynchronous (belajar mandiri tentang materi pembelajaran). Dalam seminggu, dilaksanakan tiga kali belajar tatap muka melalui zoom yang dibimbing langsung oleh fasilitator/mentor profesional dari industri. Tidak hanya belajar melalui materi pembelajaran, di program Android Engineering ini juga terdapat challenge yang diadakan setiap dua minggu di mana mahasiswa diminta untuk menyelesaikan masalah berupa pembuatan aplikasi Android dan wajib memenuhi kriteria yang sudah ditentukan oleh tim Binar Academy.
slide.png
Slide pembukaan materi pembelajaran. Sumber: Dokumentasi Penulis
Program ini membuat final project sebagai salah satu syarat lulus dari program Android Engineering Binar Academy. Pada tanggal 21 November 2022, pengerjaan final project dilakukan dengan konsep kolaborasi bersama mahasiswa dari program Full Stack Web Developer Binar Academy. Tema proyek yang dikerjakan merupakan pembuatan perangkat lunak aplikasi dan website pemesanan tiket pesawat, tema ini sudah ditentukan oleh tim Binar Academy dan memiliki kriteria berupa Minimum Viable Product (MVP) yang harus dipenuhi. Metode pengembangan perangkat lunak yang dipakai adalah metode agile scrum. Tiap pertemuan diadakan daily scrum sebagai pemantauan rencana, tugas yang selesai, dan gangguan (jika ada) terkait progres final projek, daily scrum dilakukan kepada masing-masing mahasiswa dan dapat membantu menyelesaikan masalah anggota tim secara bersama-sama. Tiap 2 minggu ketika pengerjaan final project menggunakan metode scrum dimulai, dilakukan demonstrasi terkait progres yang sudah diselesaikan dan juga dilakukan sprint review dengan bentuk demonstrasi ke fasilitator/mentor profesional yang akan memberi saran terkait progres pengerjaan final project.
sesi_pembelajaran.png
Sesi pembelajaran bersama mentor profesional. Sumber: Dokumentasi Penulis
Program Android Engineering oleh Binar Academy sangat bermanfaat karena memiliki materi pembelajaran yang komprehensif dan dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, sarana kolaborasi yang diberikan juga menjadi manfaat karena kemampuan berkolaborasi menyukseskan tujuan yang sudah direncanakan sejak awal. Danu bersyukur dapat mengikuti program kampus merdeka ini dan merekomendasikan program kampus merdeka bagi siapapun yang ingin memperbaiki diri dan kemampuan.
Artikel ini telah dibaca 74 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains