Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 26 Mar 2024 11:47 WIB ·

Begini Cara Kominfo Dukung Pengembangan Desa Kreatif


 Begini Cara Kominfo Dukung Pengembangan Desa Kreatif Perbesar

Media Bangsa – Dalam mendukung pengembangan Desa Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan Program HUB.ID untuk memfasilitasi para pelaku perusahaan rintisan (startup) yang mengembangkan produk unggulan desa.

“Lewat program HUB.ID, Kementerian Kominfo memfasilitasi pertemuan para pelaku startup dengan mitra strategis untuk meningkatkan skala usaha mereka atau scale up yang bisa membuat mereka berkembang,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya terkait acara Talkshow “Membangun Ekosistem Startup di Ibu kota Nusantara” di Jakarta, seperti dilansir pada Senin (25/3/2024).

Menurut Budi Arie, pengembangan desa kreatif memerlukan sebuah konsep yang muncul sebagai solusi untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antara perkotaan dan pedesaan.

“Sebagai bentuk implementasi dari konsep pengembangan desa kreatif adalah terbentuknya ekosistem startup di desa kreatif,” tuturnya

Budi Arie mengatakan, Kementerian Kominfo menyiapkan beberapa program pendukung lainnya, seperti Startup Studio dan Sekolah Beta.

Dua program itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku startup digital di Indonesia.

“Selain program startup, kami juga memiliki serangkaian program pelatihan kecakapan digital seperti Digital Talent Scholarship, yang berfokus dengan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” jelas Menkominfo.

Lebih lanjut Budi Arie mengatakan, Kementerian Kominfo menyelenggarakan Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) untuk melatih kemampuan wirausaha di sektor digital.

Ada juga program untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ingin naik kelas guna meningkatkan kemampuan menguasai teknologi digital.

“Kami punya program Thematic Academy (TA), yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digal masyarakat dalam rangka mempercepat transformasi digital Indonesia, sekaligus mendorong perkembangan perekonomian Indonesia agar semakin inovatif dan kreatif,” jelas Menkominfo.

Selain itu, Budi Arie mendorong pengembangan startup desa digital sebagai implementasi konkret dari pemanfaatan teknologi digital untuk menjadi solusi peningkatan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

Untuk itu, semua pihak diajak mendukung pengembangan  ekosistem startup digital dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

“Salah satunya adalah literasi digital masyarakat, padahal ekosistem startup digital desa memiliki banyak peluang besar diantaranya adanya perluasan akses pasar terhadap keunggulan desa terutama yang berkaitan dengan ekonomi kreatif,” tutup Budi Arie Setiadi.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara Mohammed Ali Berawi, serta Ketua Lembaga Masyarakat Adat Paser IKN Musa.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Ini Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Petani

11 April 2024 - 11:33 WIB

KKP Raih Pengakuan Standar Internasional Antisuap

11 April 2024 - 11:23 WIB

Trending di Bisnis