Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 14 Dec 2023 22:27 WIB ·

Bank Sampah : Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Berpartisipasi Dalam Melakukan Penimbangan dan Pemilihan Sampah di Keputih Timur Pompa Air


 Bank Sampah : Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Berpartisipasi Dalam Melakukan Penimbangan dan Pemilihan Sampah di Keputih Timur Pompa Air Perbesar

Sumber : Dokumen Pribadi

Bank sampah Kampung Keputih Timur Pompa Air yang terletak di RT 11 RW 02, Kelurahan Keputih Sukolilo, Kota Surabaya sudah dilaksanakan dari September 2023 lalu. Jadwal penimbangan sampah dilakukan setiap minggu kedua dan keempat. Untuk pengambilan sampah oleh instansi yang bersangkutan langsung di hari yang sama. Jadi, setelah dilakukan penimbangan keseluruhan, maka dihari yang sama langsung di angkut. Bank sampah ini diikuti oleh penyetor dari 1 RT tetapi tidak seluruh rumah pada hari yang sama menyetorkan sampah. Intansi yang membawahi bank sampah Kampung Keputih Timur Pompa Air adalah BSS Samber dan loh jinawi. BSS Samber sendiri singkatan dari Bank Sampah Sektor Sampah Berkah.

Sumber : Dokumen Pribadi

Mahasiswa UPN Veteran Jatim ikut berpartisipasi dalam penimbangan di Kampung Keputih Timur Pompa Air pada tanggal 29 Oktober 2023 di tempat yang sudah disediakan oleh RT. Mahasiswa UPN Veteran Jatim berjumlah 10 orang dimana setiap orang memiliki tugas masing-masing. Sekitar tiga orang yang membantu pilah-pilah barang sesuai kriteria seperti botol sendiri, tutup sendiri, kardus, kertas putih, minyak goreng bekas, duplex, sachet, logam dll. Terdapat dua orang yang membantu dalam penimbangan, empat lainnya membantu untuk merapikan sampah di karung dan juga menjahit karung agar sampah yang sudah ditata tidak terjatuh dan berantakan, dan satu lainnya membantu dalam dokumentasi serta membantu tugas teman-teman yang lain apabila kesusahan. Karena bank sampah ini merupakan program baru yang baru berjalan tiga bulan. Dapat dikatakan program ini dapat berjalan dengan baik dikarenakan warga yang antusias untuk meyukseskan. Beberapa manfaat dari program bank sampah ini dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Beberapa manfaat dari bank sampah ini adalah sebagai berikut :

  • Pengelolaan sampah yang efektif

Bank sampah membantu dalam mengelola dan memanajemen sampah dengan cara menerapkan sistem yang terintegrasi seperti pengumpulan dan pemilahan sampah. Hal ini dapat membantu mengurangi sampah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA).

  • Pengurangan pencemaran lingkungan

Dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya di bank sampah, bahan yang di daur ulang dapat diientifikasi dan dipisahkan. Hal ini dapat mengurangi jumlah sampah yang tidak dapat diurai oleh tanah dan membantu melindungi ekosistem alam.

  • Pemberdaya ekonomi masyarakat sekitar

Bank sampah memberikan peluang ekonomi kepada Masyarakat sekitar, dengan cara mengumpulkan dan memilah samaph serta menjual sampah yang dipilah tersebut ke suatu instansi. Dalam Kampung ini terdapat instansi yang menaungi yakni bank Sampah Sektor Sampah Berkah, sehingga dapat menjadi penghasilan tambahan.

  • Peningkatan kesehatan masyarakat

Dengan adanya bank sampah dapat mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh sampah. Hal ini menyebabkan peningkatan Kesehatan Masyarakat setempat.

  • Daur ulang dan pengurangan penggunaan bahan baru

Bank sampah penting dalam menggalakkan praktik daur ulang. Bank sampah membantu mengurangi kebutuhan akan bahan baru dan mengurangi dampak penggunakan sumber daya alam.

Demikianlah bebrerapa manfaat dari program bank sampah, semoga hal ini dapat menjadi contoh yang baik untuk desa desa lainnya.

UPN “Veteran” Jawa Timur

LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur

Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jawa Timur

Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur

 

Artikel ini telah dibaca 70 kali

Baca Lainnya

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

Trending di Bisnis