Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 19 May 2022 04:51 WIB ·

Aplikasi Virtual Tour Museum, Alternatif Wisata Sejarah Di Tengah Pandemi


 Salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi 360 view layaknya Google Street View yang diimplementasikan pada sebuah tempat wisata, khususnya museum. Perbesar

Salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi 360 view layaknya Google Street View yang diimplementasikan pada sebuah tempat wisata, khususnya museum.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia 2 tahun belakangan membuat banyak aktivitas masyarakat terganggu, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, hingga pariwisata. Namun, dengan adanya pandemi ini membuat percepatan penggunaan teknologi berbagai macam sektor. Salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi 360 view layaknya Google Street View yang diimplementasikan pada sebuah tempat wisata, khususnya museum. Aplikasi virtual tour museum menjadi alternatif wisata sejarah di tengah pandemi agar masyarakat tetap bisa menikmati koleksi suatu museum.

Banyak museum yang terdampak pandemi dengan menurunnya jumlah pengunjung bahkan penutupan lokasi wisata untuk menekan penyebaran virus Corona. Namun mereka tidak kehabisan akal untuk terus mengembangkan layanan kepada masyarakat dengan membuat layanan jalan-jalan virtual atau virtual tour. Beberapa museum yang dapat dikunjungi secara virtual adalah

  1. Museum Nasional Indonesia,
  2. Museum Kepresidenan,
  3. Museum Sangiran,
  4. Museum Benteng Vredeberg,
  5. Museum Seni Rupa & Keramik,
  6. Museum Mpu Tantular,
  7. dan Museum 10 Nopember.

Terdapat sebuah perguruan tinggi di Surabaya yang melakukan kerjasama dengan dua museum di Surabaya dan Sidoarjo, yakni Museum Mpu Tantular dan Museum 10 Nopember untuk mengembangkan sebuah aplikasi virtual tour museum bernama SIMVONI. SIMVONI sendiri baru diluncurkan pada tahun 2021 dengan domain dan terus melakukan pengembangan fitur jalan-jalan virtual di beberapa museum lain.

Logo Simvoni

Sumber : https://museumindonesia.org/

Di dalam website tersebut, pengunjung dapat merasakan langsung sensasi jalan-jalan virtual di dalam gedung museum dan melihat dengan jelas koleksi yang ada di sana. Kualitas gambar yang sangat jernih membuat koleksi museum dapat dinikmati walau hanya dari perangkat handphone atau laptop. Selain itu, terdapat tombol dan keterangan lokasi yang jelas ketika pengunjung ingin berjalan dari titik satu ke titik lainnya sehingga pengunjung tidak perlu bingung ketika hendak berjalan-jalan di dalam area museum.

 

tampak-depan-museum-Mpu-Tantular

Tampak Depan Museum Mpu Tantular

koleksi-museum-Mpu-Tantular

Koleksi Museum Mpu Tantular

Bagi Anda yang ingin merasakan langsung sensasi jalan-jalan di museum secara virtual, Anda dapat mengunjungi laman SIMVONI di https://www.museumindonesia.org secara gratis dan tidak perlu melakukan proses registrasi.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis