Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 9 Jul 2023 19:35 WIB ·

Aplikasi FruCheck: Inovasi Salah Satu Peserta Tim dari Program MSIB Bangkit Academy 2023 untuk Mengatasi Kebusukan pada Buah


 Aplikasi FruCheck: Inovasi Salah Satu Peserta Tim dari Program MSIB Bangkit Academy 2023 untuk Mengatasi Kebusukan pada Buah Perbesar

Bangkit Academy 2023, sebuah program pendidikan teknologi yang diinisiasi oleh Google, Tokopedia, Gojek, dan Traveloka, telah menghasilkan sebuah inovasi yang menarik perhatian dalam industri pertanian. Salah satu tim yang tergabung dalam program tersebut, yang merupakan salah satu dari mahasiswa UPN “Veteran” Jatim, berhasil mengembangkan aplikasi bernama FruCheck. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu petani, distributor, konsumen, dan semua pihak terkait dalam mengatasi masalah kebusukan pada buah.

Bangkit Academy sendiri adalah program yang berfokus pada pengembangan keahlian mahasiswa dalam mempersiapkan karir di bidang industri teknologi, khususnya dalam ranah mobile development, cloud computing, dan machine learning. Program ini menghadirkan kolaborasi antara peserta dan perusahaan teknologi terkemuka, dengan tujuan menciptakan solusi inovatif untuk tantangan dunia nyata.

Dalam program Bangkit Academy 2023, seorang mahasiswa dari UPN ‘Veteran” Jatim yaitu Yoshi Inne beserta tim telah berhasil mengembangkan aplikasi FruCheck dengan sukses. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi permasalahan kebusukan pada buah, yang sering menjadi tantangan bagi petani, distributor, dan konsumen.

Meskipun saat ini FruCheck belum dapat diakses oleh khalayak luas, FruCheck menawarkan solusi cerdas yang menggabungkan kecerdasan buatan dan analisis data untuk mendeteksi dan mengatasi kebusukan pada buah.

Aplikasi FruCheck memberikan kemudahan bagi petani untuk memantau kondisi buah secara real-time dan memberikan rekomendasi tindakan yang tepat guna mencegah penyebaran kebusukan. Distributor dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjaga kualitas buah selama proses distribusi, sementara konsumen dapat memverifikasi kesegaran buah sebelum melakukan pembelian.

Dalam pengembangan FruCheck, Yoshi menyebutkan bahwa pengerjaannya melibatkan menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam 3 bidang pembelajaran yaitu mobile development, cloud computing, dan machine learning. Kolaborasi antara ketiga bidang tersebut memungkinkan tim untuk menciptakan antarmuka yang user-friendly, sistem penyimpanan data yang efisien, dan algoritma deteksi kebusukan yang akurat.

Dengan pencapaian yang luar biasa ini, membuktikan bawa kerja keras dan kolaborasi lintas bidang dapat menghasilkan inovasi yang berpotensi mengubah industri pertanian. Aplikasi FruCheck adalah langkah awal yang menjanjikan untuk memperbaiki kualitas dan keberlanjutan produksi buah, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang mereka konsumsi.

Artikel ini telah dibaca 114 kali

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan