Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 12 Feb 2023 15:46 WIB ·

Apakah membeli buku bekas termasuk melanggar hak cipta?

Jawaban di bawah banyak yang ngawur. Mem-fotocopy sebuah buku tidak bisa dikatakan melanggar hak cipta. Apalagi membeli buku bekas yang asli. Jelas, perbuatan ini tidak bisa disebut pelanggaran hak cipta.

Ada dalil kaedah ‘fair use’. Doktrin ini berbunyi selama untuk tujuan pengetahuan dan pendidikan bisa dikatakan penggandaan buku tidak melanggar hak cipta.

Perlindungan hak cipta buku juga berbatas waktu. Selama masa perlindungan hak cipta kadaluwarsa, maka penggandaan dengan tujuan apapun bebas hak cipta. Buku tersebut sudah menjadi domain publik alias warisan budaya.

Persoalan hanya muncul, saat penggandaan buku bertujuan komersil. Tanpa ijin dari penerbit. Masih dalam masa perlindungan.

Artinya ada seseorang yang menggandakan buku, baik fotocopy maupun cetak ulang untuk dijual kembali. Pemilik hak cipta bisa melakukan gugatan ganti rugi atas pelanggaran hak cipta atau produk yang terkait.

Demikian kira-kira tentang hak cipta buku yang bisa saya bagi. Catatan, biasanya para penulis rela bukunya dibajak. Tujuan penyebarluasan manfaat ilmu tercapai. Berbeda dari sisi penerbit yang merasa dirugikan. Kadang biaya produksi buku belum balik modal.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

OJK-BPK Perkuat Kompetensi Pengendalian Kualitas Pengawasan IJK

20 February 2024 - 11:03 WIB

Perpres Nomor 19/2024 Diharapkan Mampu Akselerasi Industri Gim Nasional

20 February 2024 - 10:54 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Trending di Bisnis