Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 12 Feb 2023 16:59 WIB ·

Apakah kamu mencantumkan gelar akademik di KTP? Mengapa ya/tidak?

Tidak. Tapi seorang teman yang bekerja di Dinas Dukcapil bercerita, hampir setengah penduduk yang datang mengurus penerbitan dokumennya dan merupakan alumni perguruan tinggi, meminta gelar mereka dicantumkan dalam dokumen Kartu Keluarga dan juga KTP-el.Beberapa penduduk bahkan ada yang ingin memasukkan gelar Doktor, dan embel-embel gelar lainnya dalam dokumen akta kelahiran.

Untungnya saat ini, merujuk pada Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Diokumen Adminduk, pencatatan gelar di Akta Kelahiran sudah dilarang.

Tapi pelarangan pencatatan gelar di Akta Kelahiran ini bisa diakali penduduk dengan mengajukan penetapan pengadilan terkait pencatatan perubahan nama.

Kata teman di Dukcapil ini, kebetulan belum lama ini, ada penduduk yang mengajukan pencatatan perubahan nama di akta kelahiran, si penduduk meminta supaya gelar Doktor, Magister dan Strata Satu-nya dimasukkan dalam Akta Kelahiran.

Untuk menguatkan permohonannya, penduduk dimaksud melampirkan salinan putusan pengadilan terkait perubahan nama dirinya. Dinas Dukcapil kemudian melakukan perubahan pencatatan nama pada pemohon sesuai putusan pengadilan. Akta Kelahiran pemohon kemudian berubah dengan penambahan gelar Doktor, di depan namanya, serta embel-embel gelar Magister dan Strata Satu di belakangnya.

Menurut sebagian teman yang mencantumkan gelar di kolom KTP-el, penulisan gelar di KTP-el merupakan bentuk penghargaan pada perjuangan untuk meraih gelar itu. Lagipula, penulisan gelar di KTP-el tidak merugikan siapapun dan tidak dilarang pihak manapun.

Selain gelar akademik, gelar lain yang paling banyak diminta untuk ditulis di kolom KTP-el adalah gelar Haji/Hajjah.Dan jika harus memilih salah satunya, sebagian orang yang saya tahu, lebih memilih untuk menuliskan gelar hajinya di KTP-el dibandingkan gelar akademiknya.

Tapi karena keduanya bisa dituliskan sekaligus, maka pada banyak KTP-el yang dimiliki penduduk, kita akan melihat KTP-elnya bertabur gelar; Dr. Ir. H. Blabla, M.Si.

Demikian.

Sumber foto dicomot dari google

Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan

21 May 2024 - 11:58 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Trending di Bisnis