Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 21 May 2022 04:48 WIB ·

Apa sih perbedaan RAM DDR4 dan DDR5?


 Random Access Memory(RAM) pada sebuah komputer Perbesar

Random Access Memory(RAM) pada sebuah komputer

RAM merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam sebuah gadget seperti komputer, laptop, dan smartphone. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data dari sebuah aplikasi program ketika program tersebut dijalankan. Performa RAM ini dipengaruhi oleh kapasitas yang disediakan oleh RAM tersebut, tak heran RAM dengan kapasitas lebih besar akan lebih cepat dan lancar ketika pengguna membuka banyak aplikasi program sekaligus.

Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer, perkembangan RAM pun juga terbilang sangat cepat mengingat RAM merupakan komponen yang sangat penting untuk meningkatkan performa dari sebuah komputer. Dengan pengembangan yang dilakukan RAM dengan generasi yang lebih baru pun muncul. Tak hanya meningkatkan efisiensi kinerja dari RAM tersebut, Kecepatan pemrosesan data pada RAM juga meningkat.

pada tahun 2020 RAM DDR5 diluncurkan dengan performa yang lebih baik dan resmi diperkenalkan pada tahun 2021 setelah para produsen melakukan riset selama satu tahun.

Walaupun sebagian dari kalian mungkin sudah menikmati performa yang diberikan oleh RAM DDR5, mungkin kalian masih bingung perbedaan RAM DDR4 dan DDR5. Penasaran? Yuk simak berikut!

1. Frekuensi

Ketika membicarakan tentang  membandingkan RAM Aspek yang paling pertama yang harus dibahas adalah Perbedaan Frekuensi antar kedua RAM dengan beda generasi tersebut. Membandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu DDR3 dengan frekuensi 1066MHz, pada generasi DDR4 frekuensi meningkat sampai 2133MHz atau dua kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pada Generasi DDR5 ini peningkatan yang besar juga terjadi yaitu sebesar 2.25 kali lipat dengan frekuensi 4800MHz pada DDR5 batch pertama.

2. Voltase

Dari generasi ke generasi Peningkatan performa dari RAM tidak lepas dari voltase yang digunakan semakin rendah. Tercatat RAM DDR3 membutuhkan 1,5V , DDR4 membutuhkan 1,2V , dan DDR5 membutuhkan 1,1V. peningkatan ini tentu sangat mengemat daya dan energi yang digunakan berkat teknologi-teknologi baru yang dikembangkan.

3. Power Management

Salah satu perbedaan terbesar RAM DDR5 dari pendahulu-pendahulunya adalah power managementnya.  RAM DDR5 mengalihkan power managementnya ke RAM, dan bukan motherboard seperti pada generasi sebelumnya. Perpindahan power management ini memungkinkan karena penggunaan daya DDR5 hanya sebesar 1,1V  sehingga toleransi sinyal menjadi sangat kecil. Berkat perpindahan power management ini efisiensi signal integrity dan noise identification meningkat secara keseluruhan.

4. Kapasitas Maksimum dan Kepadatan Memory

Peningkatan yang dilakukan pada RAM DDR5 juga dilakukan pada Kapasitas Maksimum dan Kepadatan Memory yang tersedia.  Pada generasi sebelumnya yaitu DDR4 Kapasistas maksimal yang bisa ditampung oleh satu keping RAM adalah 32 GB, Sedangkan Pada DDR5 meningkat secara drastis menjadi 128GB . Kepadatan Memory yang ditawarkan juga menjadi 4 kali lebih besar yaitu sebesar 64 GB.

 

5. Struktur

DDR5 menggunakan struktur 32 Bank (unit penyimpanan yang dapat diaktifkan/dinonaktifkan secara individual) dengan 8 Grup Bank. Ketersediaan akses dua kali lebih banyak daripada struktur 16 Bank DDR4 dengan 4 Grup BankTidak seperti DDR4, yang tidak dapat melakukan operasi lain selama penyegaran, DDR5 menggunakan fungsi Penyegaran Bank yang Sama untuk memungkinkan sistem mengakses data di Bank lain saat menyegarkan Bank tertentu. Di sisi lain, DDR5 juga menghilangkan noise melalui Decision Feedback Equalization (DFE) untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Sederhananya, DDR5 dapat mengakses data per IC dua kali lebih banyak daripada DDR4!

6. Penampilan

Mari kita periksa langsung dari gambar. Pertama, ada perbedaan besar dalam tata letak PCB. Ada ruang ekstra di atas untuk menempatkan IC dan kapasitor baru yang lebih kecil; Kedua, posisi kait yang sangat mudah untuk kontak emas juga telah disesuaikan. Ada kecenderungan untuk bergerak mendekati tengah selama proses konversi dari DDR3 ke DDR4. Di era DDR5 lebih dekat ke tengah, meski masih agak ke satu sisi. Namun, konsumen perlu lebih memperhatikan saat memasang memori untuk memastikan bahwa itu dimasukkan ke arah yang benar dan tidak merusak kontak emas dengan menerapkan tekanan langsung.

7. ECC

Nama lengkap ECC adalah Error-Correcting Code, yang merupakan teknologi koreksi kesalahan yang banyak digunakan di komputer di berbagai area. Itu bisa membuat memori lebih stabil saat diterapkan ke memori. Namun, di masa lalu, untuk fungsi ECC, diperlukan IC tambahan untuk memperbaiki kesalahan, sehingga Anda akan melihat 9 IC di satu sisi memori ECC, bukan yang umum 8. Ini juga perlu didukung oleh motherboard atau CPU sendiri untuk menggunakan memori ECC.

Generasi DDR5 benar-benar berbeda, karena setiap IC dilengkapi dengan fungsi debugging ECC sendiri. Fitur koreksi kesalahan otomatis ini memungkinkan sistem yang menggunakan memori DDR5 memiliki stabilitas yang lebih tinggi dan tidak ada gangguan karena kesalahan.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis