Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 8 May 2024 20:13 WIB ·

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

MEDIABANGSA-Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong agar pembangunan infrastruktur di Bandung dan sekitarnya menggunakan bangunan anti gempa. Hal itu dilakukan bagian dari mitigasi bencana potensi Sesar Lembang.

Peneliti Gempa BRIN Edi Hidayat mendorong agar pembangunan infrastruktur di  Kota Bandung Bandung menggunakan bangunan-bangunan anti gempa. Hal itu bagian dari mitigasi bencana yang dilakukan apabila potensi gempa bumi diakibatkan Sesar Lembang terjadi.

“Memang infrastruktur yang dibangun bagaimana memperhatikan spek yang hebat (bangunan anti gempa),” ujar Edi saat acara Bandung Menjawab di Balai  Kota Bandung Bandung, Rabu (8/5/2024).

Edi mencontohkan negara lain seperti Jepang yang melakukan mitigasi bencana dengan baik. Dengan infrastruktur yang bagus untuk antisipasi bencana, maka ia mengatakan potensi korban dapat diminimalisasi. Ia pun menyoroti literasi mitigasi bencana di kalangan masyarakat yang masih kurang.

Karena itu, sosialisasi harus terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana. “Ini PR buat kita bagaimana literasi mitigasi bencana hal yang harus digali makin waspada dan care,” katanya.
Ia melanjutkan penelitian peneliti BRIN tentang Sesar Lembang dari Mudrik Daryoni menyebutkan bahwa periode pergerakan Sesar Lembang terjadi 500 tahun.

Koordinator Bidang data dan Informasi  Bandung, Virga Librian, mengatakan upaya sosialisasi tentang mitigasi bencana terus dilakukan. Salah satunya dengan penyuluhan kepada siswa sekolah dan yang terbaru di Tasikmalaya. “Kita terus lakukan sosialisasi mitigasi bencana,” kata dia.
 
Berita di Sadur dari Republika (Rejabar)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block
Trending di Nasional