Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 8 Jul 2023 00:37 WIB ·

Agro Health: Aplikasi Inovatif untuk Mendeteksi Penyakit Tanaman Hidroponik dengan Menggunakan Kamera Smartphone


 Agro Health: Aplikasi Inovatif untuk Mendeteksi Penyakit Tanaman Hidroponik dengan Menggunakan Kamera Smartphone Perbesar

Hidroponik telah menjadi metode budidaya tanaman yang semakin populer di kalangan petani modern. Metode ini tidak memerlukan tanah sebagai media tumbuh, melainkan menggunakan larutan nutrisi yang diberikan secara terkontrol. Namun, seperti halnya tanaman yang ditanam secara konvensional, tanaman hidroponik juga rentan terhadap serangan penyakit yang dapat merusak hasil panen. Untuk mengatasi masalah ini, Renanda Auzan Firdaus, seorang peserta dari Bangkit Academy 2023 by Google, GoTo, Traveloka Mobile Development Learning Path, telah menciptakan aplikasi revolusioner yang dapat mendeteksi penyakit pada tanaman hidroponik hanya dengan menggunakan kamera smartphone. Aplikasi tersebut diberi nama “Agro Health”.

Agro Health adalah sebuah aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk membantu petani hidroponik dalam mendeteksi penyakit pada tanaman mereka secara cepat dan akurat. Dengan menggunakan teknologi pengolahan citra dan kecerdasan buatan, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memotret bagian tanaman yang diduga terinfeksi penyakit, seperti daun yang berubah warna atau mengalami kerusakan. Kemudian, aplikasi akan menganalisis gambar tersebut dan memberikan informasi tentang jenis penyakit yang mungkin terjadi.

Salah satu keunggulan utama dari Agro Health adalah kemudahan penggunaannya. Dengan hanya menggunakan kamera smartphone, petani dapat dengan mudah memeriksa kondisi tanaman mereka di waktu yang tepat. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengingat untuk melakukan pemantauan rutin, sehingga memungkinkan petani untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum penyakit menyebar dan merusak seluruh tanaman.

Selain itu, Agro Health juga memberikan rekomendasi pengobatan yang spesifik untuk setiap jenis penyakit yang terdeteksi. Informasi ini disertai dengan langkah-langkah yang dapat diambil oleh petani untuk mengendalikan dan mengobati penyakit dengan efektif. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya membantu dalam mendeteksi penyakit, tetapi juga memberikan solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan dan produktivitas tanaman hidroponik.

Renanda Auzan Firdaus, sebagai pengembang aplikasi Agro Health, menjelaskan bahwa tujuan utama dari aplikasi ini adalah meningkatkan efisiensi dalam budidaya tanaman hidroponik. Dengan mendeteksi penyakit lebih awal, petani dapat mengambil tindakan yang cepat dan tepat, sehingga dapat menghindari kerugian yang disebabkan oleh serangan penyakit. Selain itu, Agro Health juga membantu petani mengurangi penggunaan pestisida secara berlebihan, karena penggunaan yang bijak dapat dilakukan berdasarkan diagnosis penyakit yang tepat.

Dengan inovasi seperti Agro Health, kita dapat melihat potensi besar dalam penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah di sektor pertanian. Kemajuan teknologi tidak hanya menguntungkan dalam bidang komunikasi dan hiburan, tetapi juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pertanian.

 

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan