Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 16 Oct 2023 09:04 WIB ·

Ada MotoGP Mandalika 2023, ASDP Catat Kenaikan Trafik Roda 2 Padangbai-Lembar


 Ada MotoGP Mandalika 2023, ASDP Catat Kenaikan Trafik Roda 2 Padangbai-Lembar Perbesar

Media Bangsa – PT ASDP Indonesia Ferry (persero) mencatat adanya kenaikan signifikan hingga 60 persen pada realisasi total kendaraan roda dua yang menyeberang dari Bali ke Lombok selama periode Minggu (8/10/2023) hingga Senin (9/10/2023) atau H-5 berlangsungnya perhelatan MotoGP Mandalika 2023 yang mencapai 538 unit kendaraan dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 336 unit.

Sekretaris Perusahaan ASDP, Shelvy Arifin, menyampaikan pihaknya telah melakukan peningkatan fasilitas dan infrastruktur Pelabuhan Lembar sebagai upaya mendukung perhelatan internasional tersebut.

“Adanya kenaikan arus kendaraan khususnya pada roda dua menunjukkan antusias masyarakat dalam mendukung keberhasilan MotoGP Mandalika. Sebagai enabler transportasi laut, ASDP terus berupaya meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan untuk melayani para penumpang,” tuturnya dalam keterangan resmi yang diperoleh pada Minggu (15/10/2023).

Tiga pekan sebelum perhelatan, ASDP juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk segera melakukan reservasi tiket ferry melalui domain trip.ferizy.com dalam rangka menghindari kemungkinan tidak tersedianya tiket. Calon penumpang sudah bisa melakukan reservasi tiket online sejak 60 hari sebelum keberangkatan.

Selain penonton, ASDP tetap mengupayakan kelancaran mobilisasi kendaraan logistik, kendaraan yang akan digunakan sebagai akses transportasi darat, dan mobilisasi masyarakat yang akan berwisata. Persiapan armada terjadwal merupakan langkah antisipasi ASDP menghadapi kemungkinan lonjakan jumlah kendaraan.

Shelvy menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan ketersediaan armada dengan rute langsung ke Lombok, baik dari Ketapang dan Padangbai. Layanan pelabuhan yang beroperasi 24 jam juga menjadi bagian dari upaya ASDP dalam menyokong mobilitas penumpang yang ingin langsung menuju Mandalika.

Ia juga menjelaskan, puncak arus penumpang dan kendaraan dapat terjadi pada saat arus pulang seperti tahun sebelumnya. Untuk itu ASDP telah membuka rubberzone dengan kapasitas lebih dari 400 unit kendaraan dari arah Lombok menuju Pelabuhan Lembar.

Berdasarkan data Pelabuhan Padangbai periode 1 Oktober 2023 hingga 13 Oktober 2023, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 23 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 28.459 orang dengan rincian total pejalan kaki sebanyak 3.748 orang.

Tercatat realisasi kendaraan roda dua sejumlah 5.536 unit sedangkan roda empat mencapai 1.639 unit. Adapun truk logistik yang telah menyeberang dari Bali ke Lombok mencapai 1.392 unit. Total seluruh kendaraan tercatat 8.828 unit yang telah menyeberang dari Bali ke Lombok pada periode tersebut.

Sebaliknya, data total penumpang yang menyeberang dari Lombok ke Bali pada periode yang sama tercatat 18.600 orang dengan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 3.469 orang. Tercatat realisasi kendaraan roda dua sejumlah 4.123 unit sedangkan roda empat mencapai 1.034 unit.

Adapun truk logistik yang telah menyeberang dari Lombok ke Bali mencapai 1.545 unit. Total seluruh kendaraan tercatat 6.779 unit yang telah menyeberang dari Lombok ke Bali pada periode 1-13 Oktober 2023.

Dalam momentum itu, ASDP berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (persero)/ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Shelvy menambahkan, ASDP juga menyediakan booth pelayanan Ferizy dimana pengguna jasa dapat mengakses informasi perihal layanan pembelian tiket ferry. Tidak hanya hadir melalui booth di Red Gate Circuit Mandalika, Ferizy by ASDP juga hadir melalui komunikasi media ruang berupa baliho serta umbul-umbul di sekeliling kawasan Mandalika dan Bundaran Bandara Internasional Lombok Praya.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

Trending di Bisnis