Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 26 Dec 2022 08:07 WIB ·

Pengalaman Belajar Fullstack Web Development Melalui Program Studi Independen


 Pengalaman Belajar Fullstack Web Development Melalui Program Studi Independen Perbesar

Program kampus merdeka adalah bagian dari kebijakan program merdeka belajar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah minat dan bakat di luar lingkungan kampus. Salah satu program dari kampus merdeka adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang telah memiliki total 3 angkatan sampai artikel ini dibuat.

Pada MSIB Batch 3 atau angkatan ke-3, penulis berkesempatan mengikuti salah satu program studi independen di PT Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF Computer). NFComputer menyediakan tiga kelas untuk program MSIB, yakni akademi mobile development, akademi fullstack web development, dan akademi digital marketing. Saat ini, penulis mengikuti studi independen akademi fullstack web development di NF Computer. Kegiatan MSIB Batch 3 dilaksanakan dari 18 Agustus 2022 sampai 31 Desember 2022.

Sumber: dokumentasi pribadi penulis, kegiatan pengenalan mitra dan simulasi penggunaan LMS

Pada kegiatan ini, penulis bertemu dengan sejumlah mentor yang sudah berpengalaman pada bidang fullstack web development melalui Zoom meeting. Selain itu, pada kegiatan ini, penulis juga bertemu dan berkenalan dengan peserta lain yang berjumlah kurang lebih 120 peserta. Sesudah sesi bertemu dan berkenalan dengan para mentor dan peserta, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan LMS yang digunakan sebagai media untuk menyimpan materi dan mengumpulkan tugas. Kemudian sesi dilanjut dengan materi-materi pembelajaran yang telah disiapkan.

Sumber: dokumentasi pribadi penulis, kegiatan pembelajaran

Sesi pembelajaran dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom meeting setiap senin – jumat yang dimulai pada pukul 08.00 sampai 12.00. Materi pembelajaran dibagi menjadi 2 materi, yakni materi fullstack web development dan materi soft skill. Pada hari senin, selasa, kamis, dan jumat, diadakan sesi pembelajaran dengan materi fullstack web development, sedangkan pada hari rabu, diadakan sesi pembelajaran dengan materi soft skill. Untuk sesi mentoring diadakan pada hari jumat pada pukul 13.30.

Pada tiap sesi pembelajaran, tiap peserta akan diberi tugas yang dapat dikumpulkan pada LMS dengan tenggat waktu tertentu. Selain itu, peserta akan diberikan pretest ketika akan memulai sub bab materi yang baru dan post test ketika materi telah selesai dituntaskan.

Sumber: dokumentasi pribadi penulis, kegiatan presentasi tugas akhir

Pada akhir kegiatan, peserta akan dibagi ke beberapa kelompok untuk menuntaskan tugas akhir. Tugas yang diberikan adalah membuat website dengan fitur create, read, update, and delete (CRUD), autentikasi user, dan export pdf dan excel dengan framework Laravel. Tenggat waktu yang diberikan untuk tugas akhir adalah satu bulan. Penilaian tugas akhir dilakukan dengan presentasi tugas akhir beserta demo website yang telah dibuat.

Menurut penulis, seluruh kegiatan yang dilakukan oleh NF Computer pada MSIB Batch 3 memberikan banyak manfaat dan pengalaman. Mulai dari pengembangan website, bekerjasama dalam mengembangkan website, relasi yang luas, masukan dan saran dari mentor. Penulis mengucapkan terimakasih kepada NF Computer dan Kampus Merdeka karena telah memberikan fasilitas pembelajaran dan pengalaman untuk jenjang kedepannya. Harapan dari penulis, semoga program Kampus Merdeka, terutama MSIB, dapat berkembang semakin baik dan menarik minat banyak mahasiswa yang berpartisipasi. Penulis juga berharap pihak NF Computer memberikan lebih banyak kelas yang bervariatif agar mahasiswa semakin berminat untuk menempuh program MSIB di NF Computer.

Artikel ini telah dibaca 46 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains