Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 28 Jan 2024 17:47 WIB ·

12 Rute Penerbangan Perintis di Wilayah Kerja Dabo-Singkep Mulai Beroperasi


 12 Rute Penerbangan Perintis di Wilayah Kerja Dabo-Singkep Mulai Beroperasi Perbesar

Media Bangsa – Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Dabo, yang berada di Kabupaten Lingga Propinsi Kepulauan Riau, selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Perintis Singkep telah menandatangani Kontrak Penerbangan Perintis Penumpang dengan PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air) untuk kegiatan program angkutan udara perintis penumpang sebanyak 12 rute.

“Pelaksanaan penerbangan perdana telah dilaksanakan pada 4 Januari 2024 lalu, guna melayani kebutuhan penerbangan masyarakat sekitar Propinsi Kepulauan Riau, Propinsi Jambi, dan Propinsi Riau,” ujar Kepala UPBU Dabo di Singkep, Wachyu Setiawan dalam keterangan yang diperoleh pada Minggu (28/1/2024).

Untuk diketahui transportasi udara merupakan salah satu sektor transportasi dengan memiliki karakteristik khusus berupa keunggulan kecepatan dibandingkan moda transportasi lainnya. Untuk itu perlu dikembangkan potensi dan perannya terhadap perekonomian nasional, mengingat perannya dalam kegiatan distribusi barang dan jasa serta pergerakan manusia.

Ketersediaan infrastruktur moda transportasi udara perlu disediakan oleh Pemerintah sebagai upaya untuk mendorong pemerataan dan percepatan pembangunan, serta pelayanan kebutuhan transportasi masyarakat.

Wachyu menyampaikan, 12 rute penerbangan akan dilayani oleh pesawat Grand Caravan (C208B) berkapasitas 12 seat yang akan melaksanakan 3.099 jam penerbangan perintis.

Adapun 12 rute penerbangan adalah sebagai berikut :
1. Dabo Singkep – Tanjungpinang (PP) : 2x seminggu,
2. Dabo Singkep – Jambi (PP) : 2x seminggu,
3. ⁠Dabo Singkep – Karimun (PP) : 2x seminggu,
4. Dabo Singkep – Batam (PP) : 3x seminggu,
5. Dabo Singkep – Pekanbaru (PP) : 3x seminggu,
6. Karimun – Pekanbaru (PP) : 3x seminggu,
7. Tanjungpinang – Tambelan (PP) : 2x seminggu,
8. Tanjungpinang – Letung (PP) : 2x seminggu,
9. Batam – Pasir Pangaraian (PP) : 2x seminggu,
10. Batam – Rengat (PP) : 2x seminggu,
11. Jambi – Kerinci (PP) : 2x seminggu, dan
12. Letung – Natuna (PP) : 1x seminggu.

“Kami berharap, pada tahun ini pelayanan penerbangan perintis yang dikelola oleh Kantor UPBU Dabo dapat mencapai tingkat okupansi penumpang diangka 92 persen, dibandingkan okupansi tahun 2023 sekitar 89 persen,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Dirjen Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni ditempat terpisah menyampaikan, program angkutan udara perintis penumpang 2024 di Kantor UPBU Kelas III Dabo merupakan wujud nyata peran Pemerintah untuk menghubungkan daerah yang masih belum dilayani oleh penerbangan komersil dikarenakan faktor yang belum menguntungkan secara bisnis bagi pelaku Badan Usaha Angkutan Udara Niaga.

“Secara komersil daerah ini belum dilayani, sedangkan di satu sisi ada beberapa daerah yang membutuhkan adanya alat transportasi cepat dan terinterkoneksi dengan moda transportasi lainnya. Peran penting kita ada disini, hadir menciptakan konektivitas tersebut,” ungkap Kristi.

Ia pun berharap, bagi masyarakat yang daerahnya terdapat rute-rute penerbangan perintis agar dapat memanfaatkan secara maksimal.

“Kedepannya, rute perintis ini diharapkan dapat menarik minat operator pesawat komersial untuk membuka penerbangan. Selain itu, perlu peran tokoh masyarakat dan para penggiat media sosial membantu glorifikasi terkait informasi penerbangan angkutan udara perintis yang berada di tiga propinsi ini,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

Trending di Bisnis